#1 Pengalaman Monbukagakusho 2017

Jadi ceritanya nih, waktu aku daftar, aku suka kepo"in blog senior" monbu. Tapi masalahnya agak susah nyari yang sesuai sama programku ama up-to-date. Kebanyakan blog yang aku temuin tuh uda 2 ato 3 taun yang lalu, jadi ya gitu deh. Jadiiiii, berangkat dari masalah itu, aku pingin share pengalaman aku yang barusan dapet pengumuman final :'). So, with that being said, let's get right into it.

Apa sih monbukagakusho? Monbukagakusho (ato sering disebut monbu) tuh beasiswa dari pemerintah Jepang. Beasiswa nya full tanpa kontrak. Kita bisa dapet ¥117.000 per bulan dan itu murni uang jajan kita. Jadi kita ga perlu mikirin tentang bayar sekolah, soalnya udah ditanggung juga ama pemerintah Jepang. Enak kan? Kapan lagi kita bisa dapet uang sebanyak itu per bulan abis lulus SMA? Untuk waktu dibukanya pendaftaran sih tiap taun beda", sekitar bulan Mei sampe April. Buat jaga", pantengin terus web kedutaan ya :). Disini nih.

Nah, sedikit cerita nih latar belakang ku daftar monbu. Jadi, waktu kecil tuh aku sering disemangatin ama papaku buat sekolah ke luar negeri. Kenapa? Soalnya papaku ngerasa kalo sekolah di sini tuh kita kurang dapet pengalaman. Katanya sih "Semua orang harus nyoba merantau untuk mengerti pengalaman dan arti hidup". Agak berlebihan mungkin tapi bagi remaja yang baru dewasa, nyari pengalaman itu crucial banget. Itu bakal nentuin kita bakal survive di masa depan ato ngga. Masa iya kita hidup di bawah naungan ortu kita terus? However, Garry kecil belum mengerti itu semua. Aku dulu masih masih manja dan nganggep sekolah di Indo tuh fine" aja. Dan semua itu berubah sejak.. aku pergi tamasya ke Singapore. Iya singapore, mungkin bagi kalian yang kaya, Singapore tuh kayak deket banget sama Indo. Tapi di situ, terbukalah mataku (berlebihan woi). Di sana tuh semua-semuanya gampang, mau kemana-mana tinggal naik bis ato MRT. Udah bersih aman lagi. Intinya, setelah ke Singapore, aku ngerasa Indonesia tuh inferior banget dibandingin Singapore (sorry not sorry). Aku langsung cepetan telepon papaku dan bilang "Pah, aku pingin sekolah di luar". Dan papaku seneng banget, kayak dapet door prize.
Masalahnya sekarang, gimana caranya dapet beasiswa. Soalnya keluargaku ngga kaya" amat, kalo sekolah ke luar pake biaya sendiri mah jual rumah ngga cukup. Terus kan aku awalnya tertarik ke Singapore, aku mulai deh belajar bahasa inggris ama liat" soal gitu plus cari beasiswa. Dari situ aku tau bahwa skolah di Singapore tuh susah. Test nya susah dan buat dapetin loan tuh susah ga masuk akal. Akhirnya aku mengurungkan niat buat ke Singapore.

Trus waktu cece ku kelas 3 SMA, dia juga nyari" beasiswa gitu. Trus dia nemuin beasiswa ke Jepang, namanya monbu. Gara-gara denger itu aku mulai tertarik, soalnya aku sndiri juga suka anime (not an otaku tho). Awalnya ceceku udah nyiapin semua dokumen nya dan dimasukin amplop rapi (sampe sekarang masih ada di meja), tapi datanglah pengumuman dari negara lain dan ceceku diterima. Jadi, dia ga jadi ngirimin tuh berkas deh. Sejak itu, aku mulai berambisi buat dapetin monbu. Tapi ga ambisi" amat sih, soalnya takut kecewa :(. Chance buat diterimanya dikit banget soalnya D:

Aku udah mulai nyiapin monbu sejak SMA kelas 1. Meskipun agak males, aku udah mulai cari-cari blog dan soal-soal gitu. Awalnya ambisi banget dapetin S1, tapi abis papaku liat soal ama acceptance rate nya, papaku nyaranin buat masuk D3. Pertamanya aku mikir ide itu gila banget. Ga pernah kepikiran buat masuk D3, secara kalo di Indo tuh D3 dianggap sebelah mata. Plus college nya di jepang tuh biasanya ga di kota-kota besar. Trus kalo D3, aku baru lulus sarjana umur 25 :(. Tua banget. Aku mikir lamaaaa banget sebelum akhirnya, ya udah lah, mungkin ini lebih menjanjikan. Akhirnya aku buang jauh-jauh ide buat daftar S1 dan fokus ke D3.

1. Seleksi Dokumen

Beberapa hari sebelum dibukanya pendaftaran, aku udah denger-denger lewat facebook kalo monbu bakal dibuka 24 Mei. Karena excited banget, tanggal 24 Mei jam 04.00 pagi, aku buka www.beasiswamext.or.id dan langsung daftar. Nanti bakal ada nomor pendaftaran yang bakal di send ke email dan harus di print. Jangan sampe ilang tuh nomor. Lalu, kalian perlu siapin banyak dokumen:
  • Application Form. Bisa di download di website kedutaan. Bisa diketik ato tulis tangan. Ditulis dengan huruf kapital semua. Dulu waktu ngisi ini, aku sempat bingung ngisi "Majors and Related Key Terms". Setelah tanya-tanya senior, itu sama aja dengan Key Words yang bisa ditemuin di Annex D3.
  • Lembar printout nomor pendaftaran
  • Fotokopi ijazah/ijazah sementara dari sekolah yang udah dilegalisir
  • Fotokopi SKHUN sementara yang udah dilegalisir
  • Sertifikat JLPT. Bagi yang punya aja. Kalo ngga punya, engga apa". Tapi, JLPT nih bisa ngefek banget. Kalo kalian udah punya JLPT N3 ke atas, meskipun nilai kalian ga bagus-bagus amat, bisa naikin chance buat diterima.
Trus dikirim lewat pos pake amplop besar yang warna coklat. Jangan ada dokumen yang kelewatan. Selama menunggu, kalian bisa sambil belajar buat test tertulis nya. Jangan nunggu sampe pengumuman nya keluar, nanti ngga cukup waktunya. Buat referensi yang aku pelajarin selain soal-soal monbu taun-taun sebelumnya tuh: Physics Level A ama Japanese University Entrance Examination Problems in Mathematics.

2. Test tertulis

Nanti di website kedutaan akan ada pengumuman berupa pdf dan bisa di download. Test tertulis nya tanggal 19 Juli 2016. Untuk D3 2016, ada 204 peserta ujian tertulis se Indonesia. Ketika udah dapet pengumuman itu, belajar nya harus tambah kenceng dong! Aku les hampir tiap hari :').




Suatu pagi, tanggal 19 Juli. Deg-deg an banget rasanya. Aku pergi ke Unair pagi-pagi dan aku cuman bawa kotak pensil (lol). Soalnya menurutku, bbrapa jam sebelum test tuh pikiran harus kosong, ga boleh belajar lagi nanti lupa semua. Sampai di unair, aku naik ke tempat test dan udah ada orang dari kedutaan yang siap-siap buat absen. Dan ketika semua anak masuk ruangan, mereka pasti pilih bangku paling belakang kan (hayo ngaku). Aku mah paling depan wuakakaka. Bukan karena rajin tapi karena emang abis bangku nya -_-.

Setelah test, lemes gua broh. Bayangin, aku satu-satunya orang yang keliatan panik di ruangan itu. Paling depan pula duduknya. Yang lain ekspresinya datar banget. Soalnya ga jauh beda sama taun-taun sebelumnya. Fisika ama Inggrisnya lancar sih. Tapi matnya cuman bisa 2/3 bagian doang. Yang jadi tempat pelampiasan mah temenku, tiap hari aku tanya "Gimana yang test nya?" udah kayak mau kiamat aja. Tiap hari aku itung-itung skor ku kira-kira berapa. Bukannya makin semangat, malah down. :(. Pengumumannya dijadwalin sore 5 Agustus. 5 Agustus tuh spesial, soalnya HARI ULTAHKU :'). Jadi 5 Agustus bisa jadi best birthday (kalo tembus) ato worst birthday ever (kalo ngga). Alhasil aku ngitung hari demi hari kayak orang mau nikah :'). 

3. Ujian Wawancara

Datanglah tanggal 5 Agustus. Meskipun dari pagi banyak yang ngucapin ultah, muka ku tetep murung. Ga ada seneng-senengnya sama sekali. Trus aku nyalain laptop, berharap pengumumannya udah keluar. Waktu itu sekitar jam 9 pagi, dan...prediksi ku bener. Udah keluar pengumumannya. Aku cepet-cepet klik dan langsung cari nomor pendaftaranku di situ. Ternyata ada. YEEEE... puji Tuhan. Ga nyangka banget ternyata se Indonesia cuman 24 orang (sekitar 25 ato 24 ak lupa). Aku langsung teriakin mamaku yang masih di kamar mandi dan dia juga ga percaya sampe tanya berkali-kali "Itu bener nomormu kan gar?"

Tapi kesenangan itu segera berlalu saat liat persiapan apa aja yang harus dilakukan. Dokumennya segambreng, belum mikirin pesawat ama hotel buat nginep. Buat list dokumennya aku tulis yang penting-penting aja, sisanya nanti kalian bisa baca sendiri (semuanya dalam bahasa inggris ya):
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. Udah ada templatenya, jadi tinggal cari kepala sekolah buat ngisi. Kalo aku sih dulu minta bantuan guru BK buat ngisiin, tapi ditanda tanganin kepsek. Trus suratnya di stempel ama sekolah di fotocopy. Trus original+fotocopy an nya dimasukin amplop official nya skolah. Sbenernya kalo kalian lupa amplop nya gapapa sih. Toh nanti di kedutaan di suruh ngelepas amplop nya. Tapi buat jaga-jaga aja.
  • Ijazah SMA, transkrip nilai ijazah, dan transkrip nilai rapot. Kalian ga perlu ke sworn translator buat dapetin semuanya dalam bahasa inggris. Udah ada template yang di siapin kedutaan. Tinggal kalian isi dan minta stempel ke sekolah.
  • Certificate of Health. Udah ada templatenya juga. Saran aja sih, pergi ke rumah sakit yang terpercaya. Buat ngisinya, lebih ama minta di ketik pake mesin tik yang lama itu loh, biar keliatan lebih professional.
  • Dll
Jarak antara pengumuman ama ujian wawancaranya tuh cuman 10 hari. Jadi harus cepet-cepet ngurusnya. Trus, aku cepetan cari tiket pesawat murah (bareng papaku) skalian ama hotelnya. Soal hotel aku nginap di hotel di Kebon Kacang (ga jauh-jauh amat dari kedutaan). Hotelnya biasa sih, tapi itu udah paling murah :'). Ga jelek-jelek amat kok dan bersih. Kalo nanti penasaran bisa tanya aku pribadi :D.

Aku dateng di Jakarta 1 hari sebelum hari H. Buat orang yang biasa tinggal di Surabaya, yang udah macet, Jakarta tuh macet parah. Maklum pertama kali ke Jakarta. Trus sore nya aku survey dulu ke kedutaan. Ternyata lumayan jauh (±500 m) dan deket plaza indonesia ternyata (maap, baru tau). Besoknya, aku pagi-pagi ke kedutaan bareng mamaku. Di sana ternyata udah rame dan begitu dateng ditanyain satpamnya "Wawancara ya?", "Iya pak". Satpamnya galak banget, tuntutan profesi kali ya. Di sana udah ada 2 temenku. Ga lama setelah aku dateng, ada orang kedutaan keluar, trus absen kita satu per satu. Abis itu kita dituntun ke hall yang gede dan banyak meja nya. Sorry ga ada foto soalnya handphone nya harus dimatiin. Di hall itu nanti bakalan ada test bahasa jepang. Kalo yang ga bisa, ngawur aja, soalnya kebanyakan peserta juga ga bisa. Buktinya ga sampe 20 menit, udah hampir smua peserta selesai test nya :D. Stelah test, nanti bakal dipanggil 5 peserta menurut absen trus digiring ke ruang wawancara.

Wawancara nya sih biasa. Ga susah. Ada 2 orang di ruangan: satu ibu-ibu ama 1 orang jepang. Yang orang jepang cuman dengerin aja ama ngangguk" (rasanya dia ngerti deh). Pertanyaannya yang aku inget:
  • Perkenalkan dirimu
  • Kenapa memilih jepang?
  • Sekarang kuliah di mana?
  • Apakah ortu mendukung?
  • Sebutkan kelebihan dan kekurangan mu!
  • Mengapa kami harus memilih kamu?
Semuanya dalam bahasa inggris yaa. Be confident aja. Jangan putus-putus ngomongnya. Inggris kalian ga perlu bagus" amat kok, cukup baik aja. Trus jawab sesuai yang kalian alami, jangan boong. Aku sempet takut aja soalnya jawabanku tadi ada yang kurang mantap rasanya. Wuakakaka. Tapi ya udah lah, mau gimana lagi. Orang kedutaan sih janjinya, pengumuman tembus wawancara ato ngga nya bakal dikirimin hari Jumatnya. Tapi akhirnya molor sampe hari Senin minggu depannya dan dikirim via email.



 4. Tahap Terberat

Setelah dapet email itu, dokumen kalian akan terbang ke Jepang untuk diseleksi terakhir kalinya. Dan selama itu, kalian ga bisa ngapa-ngapain selain berdoa. Biar ga kerasa, aku lanjutin kuliah di ITS. Tapi tetep aja, nunggu 3 bulan itu lama bro. Ngelanjutin kuliahnya gimana gitu, antara niat dan ngga. Nanti kalian akan ngerasain deg-deg an, bosen, ga tertarik, sampe deg-deg an lagi. Kalo aku ngrasa ga kuat stay di ITS. Sedikit curhat nih, kalo di univ negeri kayak ITS tuh masi ada namanya pengkaderan. Mnurutku pengkaderan tuh ga ada manfaatnya sama sekali. Kalian "dipaksa" untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman baru. Bagus sih. Tapi semua itu membutuhkan waktu yang cukup, dan itulah yang sedang senior"ku coba untuk kurangi. Bayangin kalian lagi ngepanggang kue dan butuh waktu 1 jam. Bisakah kita pendekkan jadi 15 menit dengan menaikkan suhunya 4x lipat? Mungkin bisa, tapi hasilnya bakal beda.

Menurutku mahasiswa Indonesia tuh terlalu idealis, ingin itu lah, ingin semuanya jadi gitu lah. Mereka menginginkan semuanya sesuai dengan peraturan dan keinginan mereka. Menurutku yang paling konyol adalah usaha untuk meniadakan adanya "gap" antara angkatan. Tidak mungkin buat kita untuk ngerasa nyaman ama smua mahasiswa, pasti ada beberapa orang saja yang membuat kita nyaman. Dan otomatis kita pasti berkumpul dengan orang-orang yang membuat kita nyaman dong. Itu fine" aja menurutku. Lalu ada lagi, kepedulian pada teman. Saat ikut pelatihan, aku dan temen"ku kena marah senior soalnya ada 1 orang dari jurusan lain yang membuat surat dan surat itu salah. "Kalian peduli ga sama teman kalian?" Eh dianya yang salah, kita yang kena semprot. Masa kita harus ngecheck surat temen kita satu per satu. Mereka menganggap bahwa itu suatu bentuk kepedulian, tapi apa itu kepedulian? Bukankah itu membuat mahasiswa menjadi tidak mandiri?

Semuanya itu membuatku ga tahan kuliah di ITS dan berdoa biar cepet keluar pengumuman monbu dan keluar dari ITS. 😅😅

5. Pengumuman final

Suatu sore, di ITS tanggal 25 November. Iya, aku masih di kampus soalnya bakal ada technical meeting buat camping rohani. Ceritanya aku abis kelas, makan bareng temenku, trus gatau ngapain. Mumpung nganggur, aku nyelinap ke kelas inggris temenku. Aku harus stay di kelas itu 2,5 jam buat dengerin dosen yang bahkan bukan dosenku. Trus sambil nunggu TM, aku nunggu di dalem mobil temenku soalnya lagi ujan.

Eh? Ada email masuk. Titlenya "Pengumuman Hasil Seleksi Akhir Beasiswa MEXT Program GAKUBU/S1, KOUSEN/D3, dan SENSHU/D2 2017". Whattt? Janjinya kan Desemberr! Aku langsung teriak-teriak gitu deh di mobil. Temenku tanya kenapa tapi ngga aku jawab. Pas aku buka, muncullah pdf ini.



Dan aku.... diterimmmaaaaa.... Yayyyy.. Seneng buanget. Jantung kayak berhenti gitu. Semua beban jadi hilang. Karena terlalu seneng, aku langsung cabut pulang ke rumah. Ga peduli TM, ga peduli ujan. Basah-basah gitu deh.

Taun ini D3 cuman 3 orang dari 12 orang penerima monbu dari Indonesia. Rekor angkatan terdikit katanya senior. Sekarang yang harus dilakuin adalah belajar bahasa Jepang sambil nunggu pengumuman selanjutnya. 

Ya, kira-kira gitulah. Maaf kalo blog nya ga terlalu panjang (soalnya memang keburu-buru nulisnya). Semoga bisa membantu :). 
Note: Kalo banyak yang request, nanti aku bakal upload soal-soal monbu deh. Kalo kalian ke website studyinjapan mungkin cuman bisa dapet taun 2009 ama 2010. Aku punya yang taun 2009,2010, 2012-2016 ;).

Comments

  1. angkatan tahun lalu yang berangkat berapa orang?

    ReplyDelete
  2. kak garry, boleh minta soal2 monbu tahun 2012 sampe 2016 nya ga ya? aku juga pengen dapetin monbu ni hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah aku update tuh.. liat post trakhir :)

      Delete
  3. hahaha sama saya juga suka kepoin blog org-org yang udah lolos monbu

    ReplyDelete
  4. boleh minta soal soalnya ga ya?

    ReplyDelete
  5. sangat membantu sekali Kak..
    mau tanya Kak..
    Instruksi nomor 1. Type aplication bla bla bla.. itu Type-> maksudnya di ketik dulu terus di print, atau print dulu terus pake mesin ketik..?
    memang sih ditulis tangan bisa,
    tetapi kembali ke pertanyaan saya itu dulu..
    mohon informasinya..
    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu maksudnya di ketik dulu baru di print sih.. tp it's okay both ways

      Delete
  6. Halo ka, aku baru lolos seleksi berkas buat yg senshu 2018 nanti nih:') anyway, kakak ada contoh soal yg buat D2 ga ka?^^

    ReplyDelete
  7. Kak share kontak whatsup dong,saya mau nanya2,karena saya lagi daftar program ini.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat fb aja.. cari aja https://www.facebook.com/garry.pranata

      Delete
  8. Salam buat ka jerome ya :) sukses terus ka!

    ReplyDelete
  9. Bang foto di formulir pendaftaran monbu harus foto 6 bulan terakhir ya???????

    ReplyDelete
  10. Makasih bnayak ka telah membantu..
    Boleh minta alamat email atau nama fb? Aku ingin tanya tanya lebih jelas ka

    ReplyDelete
  11. Anak sy tahun 2017 jd penerima beasiswa ini utk D3. Saya benar-2 butuh informasi ... kapan nak Garry resign dari ITS apakah setelah pengumuman ini lsg resign atau nunggu lg dulu pengumuman utk sekolah persiapan di Jepangnya ? BTW skrg anak sy br menyelesaikan semester satu di ITB jd rada khawatir kl msh gak pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya waktu itu nunggu pengumuman sekolah bahasa terus baru mengundurkan diri. Tapi aslinya gapapa kok langsung mengundurkan diri gitu.
      Btw pak, boleh minta kontak anaknya?

      Delete
    2. Ma kasih infonya nak garry ... skrg anak sy sdh resign dr ITB dan sdh dipastikan akan brgkt ke Jepang. Ktnya dia sdh berteman dgn nak garry via FB nama anak sy Ayrton Alexi.

      Delete
  12. waduh...
    tahun 2017 cuma 12 oramg toh yang dapet monbu..
    yg s1 cuma dua orang lagi..
    jadi rada was was buat yg seleksi 2018..
    btw thanks dah share pengalamanya...

    ReplyDelete
  13. kak boleh minta contact yang bisa dihubungi??

    ReplyDelete
  14. Klo d3 disana terus mau ambil s1nya bisa gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus.. Kalo bisa, seleksinya gmn?

      Delete
    2. bisa.. syaratnya ada banyak si.. ntar kapan" ak buat post tentang itu

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kak itu harus pake surat rekomendasi sekolah ya kak? Klo boleh tau cara dapetinnya gimana ya kak?

    Terimakasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  17. Bang mau nanya nih, universitas yang nanti kita masukin di jepang melalui beasiswa monbu itu negeri atau bisa swasta juga bang?

    Mohon jawabannya bang
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang S1 sama D3 itu bisanya ke skolah negeri.. tapi temen" ku yang dari D2 bisa transfer ke univ swasta.. Gatau kenapa wuakakaka

      Delete
  18. Kak untuk ujian tulis materi atau buku yang dipelajari apa kak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#12 Setelah lulus sekolah bahasa

#4 Menjelang Keberangkatan